SUBMITTED ARTICLES

Emiliani Monika

Alumni Politeknik Negeri Malang dan merupakan kontributor untuk media online Qureta dan pengajar privat untuk beberapa murid SD dan SMA.

2 Like
Asmita Hamzah

Seperti halnya bangsa Indonesia saat ini yang belum bisa dikatakan bebas dari segala permasalahan. Banyak permasalahan klasik yang terjadi, mulai dari masalah kemacetan, pencurian, penggandaan uang, hingga pada maraknya penggunaan uang palsu. permasalahan ini perlu diatasi dengan kebijakan e-money

0 Like
Christian Evan Chandra

Segala kegiatan dalam hidup memerlukan uang. Uang telah mengalami perubahan dari masa ke masa hingga saat ini menjadi uang elektronik yang merupakan fokus GNNT. Gerakan ini memiliki banyak keuntungan dan juga hal yang harus diperhatikan.

2 Like
Fahmi Idris

Duit! Siapa yang tidak butuh duit di zaman modern ini? Semua butuh! Bahkan saking pentingnya benda bernama duit, orang bisa lupa diri. Segala macam cara dihalalkan demi mendapatkannya. Termasuk aksi-aksi jahat di dalamnya.

2 Like
Kisah Sedih di Hari Minggu Tamat Karena GNNT

Aku selalu berharap agar kisahku di hari Minggu usai. Tak sengaja aku membaca salah satu website dari smartphone milikku ternyata 14 Agusutus 2014 silam BANK INDONESIA (BI) memberi solusi dengan Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT).

0 Like
Reni Asriningrum

Keberadaan transaksi non tunai sungguh telah memberikan banyak kemudahan dalam melakukan banyak hal. Bukan hanya dalam transaksi jual beli saja, kemudahan dalam pemesanan hotel juga dapat kita rasakan dengan menggunakan transaksi non tunai.

3 Like
Faitur Rizal

Uang bukan segala-galanya, namun segala-galanya butuh uang. Salah satu kalimat yang sering dilontarkan oleh anak jaman sekarang. Tugas kita adalah bagaimana cara mengatur uang dengan bijak. Jangan sampai uang yg mengatur kita. Di jaman sekarang uang bukan hanya berbentuk fisik namun juga digital

2 Like
Dini Kusuma Wardani

Memberitahu kepada masyarakat tentang manfaat dan kekurangan dari program GNNT. Supaya mereka bisa bertransaksi uang secara tepat dan sesuai sasaran. Karena transaksi secara Tunai maupun Non Tunai memiliki tempat dan tujuannya masing-masing.

2 Like
Sulistyawan

Sebagai upaya meningkatkan program transaksi Non Tunai, Bank Indonesia menggalakkan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT ) yang diberi nama ” Smart Money Wave “.. Untuk mensukseskan gerakan ini Bank Indonesia melakukan safari ke sejumlah kampus di beberapa kota besar di Indonesia. Kegiatan yang dilakuka

3 Like
Agus Sujarwo

Gerakan Nasional Non Tunai adalah sebuah gerakan yang dirintis oleh Bank Indonesia dan instansi terkait sebagai upaya untuk memberantas perilaku korupsi, tindakan pencucian uang, dan terorisme. Melalu konsep smart city diharapkan hasil dari gerakan ini dapat memberikan hasil yang lebih maksimal.

2 Like
Mengenalkan lebih dalam gerakan nasional non tunai

Gerakan Nasional Non Tunai adalah aksi yang dilakukan pemerintah untuk mengurangi penggunaan uang tunai dalam transaksi jual beli yang biasa dilakukan sehari-hari dan membiasakan masyarakat untuk mulai menggunakan alat-alat pembayaran non cash seperti kartu kredit ataupun ATM.

0 Like
isah kambali

Bukannya tidak mungkin retail offline lama kelamaan akan bergeser menjadi retail online dengan meilhat jumlah pengguna internet dan semakin meningkatnya transaksi non tunai e-commerce. Target Indonesia menjadi negara pelaku pasar digital terbesar tentunya akan menjadi nyata, bukan hanya dari segi ju

2 Like
Reni Asriningrum

Melakukan transaksi sewaktu-waktu, dimanapun, praktis, dan kapanpun. Bukanlah hal yang tak mungkin di jaman ini.

0 Like
Ancha Aftianto

Uang non tunai sangatlah erat dengan kehidupan remaja Indonesia saat ini, maka dari itu dengan pendekatan kampanye Gerakan Nasional Non Tunai kepada para remaja akan dapat mendukung suksesnya GNNT ini.

0 Like
Bisakah GNNT di daerah infrastruktur tertinggal

Sebelum kita membahas lebih jauh terkait tema di atas, sebelumnya apakah Anda sudah mengetahui apa itu GNNT? Atau apakah Anda pernah mendengar kata tersebut? Jika belum, saya jelaskan sedikit tentang GNTT.

0 Like
Reni Asriningrum

Layanan keuangan digital atau "branchless banking" adalah layanan jasa pembayaran dan keuangan menggunakan sarana teknologi digital seperti seluler atau web melalui pihak ketiga dengan instrumen yang digunakan untuk melakukan pembayaran adalah uang elektronik

0 Like
Alif ilman

akhirnya tidak ada lagi kejadian aneh tanggal tua. saya sangat mendukung Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT)

3 Like
Nia Febriana

Penerapan uang non tunai oleh Bank Indonesia merupakan gerakan yang bertujuan untuk memberikan kemudahan dalam bertransaksi tanpa harus memikirkan uang kembalian sehingga transaksi lebih cepat dan mudah

0 Like
RABIATUL ADAWIYAH

GNNT merupakan gerakan yang dicanangkan oleh Bank Indonesia sejak tahun 2014. Bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat akan manfaat dari penggunaan instrumen non tunai (e-money). Manfaat dari penggunaan transaksi non tunai, antara lain efisien, mudah dan menghilangkan praktek kecurangan.

2 Like
Era Masyarakat Cashless

Zaman berubah, teknologi berubah dan manusia pun ikut berubah. Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) adalah sebuah keniscayaan karena menawarkan efisiensi, efektifitas dan keamanan. Namun perlu disiapkan untuk melahirkan masyarakat cashless.

2 Like
Transaksi Non Tunai Lebih Cepat Lebih Aman

Penerapan transaksi non tunai dalam kegiatan ekonomi tentunya akan lebih praktis dan mudah, contohnya kegiatan transaksi di pasar rakyat apabila mengimpelementasikan transaksi non tunai dengan menggunakan uang elektronik yang dapat ditemukan dalam bentuk kartu (chip based)

0 Like
Zul Fahmi Johar

GNNT merupakan salah satu program nyata untuk melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat melalui praktik penggunaan instrument non tunai uang elektronik secara langsung sehingga pengguna menjadi terbiasa dan mulai merasa nyaman untuk menggunakan instrument pembayaran non tunai.

3 Like
Amrina

Menko Perekonomian Mengatakan bahwa salah satu ciri negara maju adalah terbatasnya penggunaan uang tunai dalam transaksi sehari-hari (less-cash-society),Program GNNT merupakan program yang sangat tepat untuk mewujudkan hal tersebut. GNNT membuat transaksi lebih hemat, efektif, efisien dan aman.

1 Like
Felix Paragoric Sirait

Mahasiswa Universitas Brawijaya Berumur 18 tahun, dan hobbi ngeblog

2 Like
Menjadi Hits di Komunitas dengan M-Banking

komunitas online kini sudah semakin ramai digandrungi oleh para remaja sampai ibu rumah tangga. Mulai dari komunitas pecinta buku, pecinta music, dan pecinta film. Apakah anda salah satu anggota newbie dari salah salah satu komunitas tersebut?

0 Like
Ramlan Setiawan

Konsep Smart ITC yang digagas terinspirasi dari tiket di halte Trans Jakarta sejak tahun 2013 yang menggunakan kartu elektronik (e-ticketing), sebagai pengganti uang tunai. Hal ini bertujuan agar menjadi lebih praktis dan fleksibel ketika digunakan. Konsep ini pula mendukung beberapa program pemer

0 Like
Kenapa Harus Ngikut GNNT?

Menjelaskan tentang berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh instrumen non tunai saat ini. Juga sedikit informasi tentang perkembangan uang yang ternyata memiliki sejarah yang cukup panjang sampai bisa kita gunakan saat ini.

0 Like
Reni Asriningrum

Sering banget kita jumpai artikel yang mengulas tentang emak-emak dan belanja. Seolah bapak-bapak sangat anti dengan belanja. Padahal intensitas belanja antara emak emak secara kuantitas bisa jadi lebih banyak bapak-bapak. Emak-emak, paling mentok hanya beli lipstik, bapak-bapak?

0 Like
Putri Ayu Ningrat

Mengulas mengenai tujuan Smart Money Wave atau Gerakan Nasional Non Tunai. Macam-macam transaksi yang dapat dilakukan. Keuntungan transaksi non tunai dan harapan kepada generasi muda untuk mendukung Smart Money Wave atau Gerakan Nasional Non Tunai sebagai transaksi dalam usaha atau bisnisnya.

3 Like
Dwi Purnawan

Manfaat utama GNNT, terutama bagi pasangan suami istri adalah meningkatkan romantisme dan harmonisme hubungan. Mengapa? karena dengan GNNT, hidup lebih efisien dan efektif, waktu lebih banyak kita gunakan bersamanya.

2 Like
TERM AND CONDITION BLOG AND VIDEO COMPETITION SMART MONEY WAVE BANK INDONESIA

Peserta wajib mendaftar pada microsite Blog and Video Competition SMART MONEY WAVE dan mengisi biodata diri pada kolom-kolom pendaftaran.
Setelah melakukan pendaftaran,

peserta wajib men-submit link URL dari artikel tersebut dan mengisi nya

  1. BLOG AND VIDEO COMPETITION SMART MONEY WAVE BANK INDONESIA ini diselenggarakan oleh PT. NET MEDIATAMA INDONESIA (NET Media) dan BANK INDONESIA
  2. SYARAT PESERTA BLOG AND VIDEO COMPETITION SMART MONEY WAVE BANK INDONESIA
    1. Warga Negara Indonesia (WNI).
    2. Bertempat tinggal di wilayah Republik Indonesia.
    3. Memiliki kartu identitas diri yang masih berlaku (Kartu Pelajar/KTP/SIM/Paspor) yang wajib diperlihatkan pada saat verifikasi pemenang.
    4. Memiliki akun Twitter, akun Youtube dan akun NET
  3. MEKANISME BLOG AND VIDEO COMPETITION SMART MONEY WAVE BANK INDONESIA
    1. MEKANISME BANK INDONESIA BLOG COMPETITION
      1. Peserta wajib menulis artikel sesuai dengan tema Smart Money Wave atau Gerakan Nasional Non Tunai pada blog peserta masing-masing.
      2. Peserta wajib mendaftar pada microsite Bank Indonesia Blog & Video Competition dan mengisi biodata diri pada kolom-kolom pendaftaran.
      3. Setelah melakukan pendaftaran, peserta wajib men-submit link URL dari artikel tersebut dan mengisi nama serta sinopsis artikel ke microsite Bank Indonesia Blog & Video Competition.
      4. Peserta wajib menjadi follower akun twitter @netmediatama dan @bank_indonesia. Serta peserta wajib menjadi subscriber akun youtube https://www.youtube.com/user/netmediatama dan https://www.youtube.com/BankIndonesiaChannel.
      5. Informasi lebih lengkap mengenai Bank Indonesia Blog And Video Competition ini akan disampaikan melalui twitter @netmediatama dan @bank_indonesia.
      6. Netmediatama dan Bank Indonesia memiliki hak sepenuhnya untuk memilih 3 (tiga) pemenang yang berhak mendapatkan hadiah.
      7. Penyelenggaraan Bank Indonesia Blog And Video Competition pada 24 Oktober hingga 15 Desember 2016.
    2. MEKANISME VIDEO COMPETITION SMART MONEY WAVE
      1. Peserta wajib membuat video sesuai dengan tema Smart Money Wave atau Gerakan Nasional Non Tunai
      2. Peserta wajib mendaftar pada microsite Bank Indonesia Blog And Video Competition dan mengisi biodata diri pada kolom-kolom pendaftaran.
      3. Setelah melakukan pendaftaran, peserta wajib men-submit link URL dari video youtube tersebut dan mengisi nama serta synopsis video ke microsite Bank Indonesia Blog And Video Competition, atau:
      4. Peserta yang sudah menjadi member NET CJ dan NET dapat mengunggah video langsung dan mengisi nama serta sinopsis video ke microsite Bank Indonesia Blog And Video Competition
      5. Peserta wajib menjadi follower akun twitter @netmediatama dan @bank_indonesia. Serta peserta wajib menjadi subscriber akun youtube https://www.youtube.com/user/netmediatama dan https://www.youtube.com/BankIndonesiaChannel.
      6. Informasi lebih lengkap mengenai Bank Indonesia Blog And Video Competition ini akan disampaikan melalui twitter @netmediatama dan @bank_indonesia.
      7. Netmediatama dan Bank Indonesia memiliki hak sepenuhnya untuk memilih 3 (tiga) pemenang yang berhak mendapatkan hadiah.
      8. Penyelenggaraan Bank Indonesia Blog And Video Competition pada 24 Oktober hingga 15 Desember 2016.
      9. Durasi video maksimal selama 3 menit
      10. Konten video tidak diperbolehkan mengandung unsur SARA, kekerasan dan pornografi
  4. KETENTUAN LAIN NYA
    1. Blog And Video Competition SMART MONEY WAVE ini tidak berlaku bagi karyawan/karyawati dari Bank Indonesia,biro iklan, agensi, serta pihak ketiga yang terkait dengan pelaksanaan lomba, beserta anggota keluarga atau setiap orang yang berhubungan dengan administrasi atau lainnya sehubungan dengan lomba ini.
    2. NET Media dan Bank Indonesia mempunyai hak prerogatif untuk mendiskualifikasi dan mengeluarkan peserta dari Blog And Video Competition SMART MONEY WAVE ini apabila peserta melanggar syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan dengan atau tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
    3. Hadiah tidak dapat dialihkan kepada orang lain, tidak dapat ditukar barang lain atau diganti dengan uang.
    4. Apabila pemenang tidak bisa dihubungi dalam waktu selambat-lambatnya 14 (empat belas) hari dari tanggal pengumuman pemenang, NET Media dan Bank Indonesia berhak membatalkan kemenangannya.
    5. Apabila peserta tidak memberikan data pribadi yang jujur dan bertanggung jawab, segala bentuk konsekuensi merupakan tanggung jawab peserta sepenuhnya.
    6. Jika karena alasan apapun pemberian hadiah tidak dapat berjalan sesuai rencana, NET MEDIA dan Bank Indonesia memiliki hak untuk memodifikasi ketentuan pemberian hadiah.
    7. Peserta yang mengikuti Blog And Video Competition SMART MONEY WAVE ini tidak dipungut biaya apapun. Peserta diharapkan berhati-hati dalam hal terdapat upaya penipuan dengan meminta biaya/pajak terkait dengan kompetisi ini.
    8. Pajak hadiah ditanggung pemenang.
    9. Untuk keterangan lebih lanjut, silakan hubungi akun Twitter resmi NET MEDIA @netmediatama.